8,7 juta WP Orang Pribadi telah Menyampaikan SPT Tahunan tahun pajak 2011

Selasa, 17 April, 2012 – 10:01

Dari 22.319.073 total wajib pajak (WP) yang terdaftar di database Master File Wajib Pajak Nasional (MFN) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) per 31 Desember 2011, 8,7 juta WP Orang Pribadi yang telah menyampaikan Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan Pajak. Sedangkan untuk menilai kepatuhan WP Badan, DJP masih menunggu total penyampaian SPT PPh Badan hingga batas waktu penyampaian SPT PPh Badan Tahun Pajak 2011, yaitu jatuh pada hari Senin, 30 April 2012. “Itu (pajak) pribadi saja. SPT badan jumlahnya juga naik meskipun sedikit, jumlah penyampaian SPT Badan masih akan terus naik, mengingat batas waktu penyampaiannya masih sampai 30 April,” kata Dirjen Pajak Fuad Rahmany saat dicegat wartawan di Jakarta, 16 April 2012.

 

Dirjen Pajak menilai bahwa penerimaan pajak hingga Maret sebesar Rp 165,051 triliun atau 18,72 persen dari target penerimaan pajak tahun 2012 masih sesuai rencana. “Itu dalam tiga bulan. Sejauh ini masih on track meskipun tidak melampaui target,” kata Fuad. Kontribusi terbesar penerimaan masih dari Pajak Penghasilan (PPh) yaitu Rp 97,37 triliun. Disusul Pajak Pertambahan Nilai (PPN) sebesar Rp 65,99 triliun, Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) sebesar Rp 0.71 triliun, serta Pajak Lain Rp 0,96 triliun.

 

Untuk mengamankan penerimaan negara dari pajak, maka dihimbau kepada segenap WP Badan untuk segera menyampaikan SPT PPh Badan sebelum batas akhir penyampaian. Sesuai dengan ketentuan Pasal 3 ayat (3) huruf c dan Pasal 7 ayat (1) Undang-Undang Ketentuan Umum Perpajakan, batas waktu penyampaian SPT PPh Badan adalah tanggal 30 April. Untuk tahun pajak 2011 batas waktu itu jatuh pada hari Senin, 30 April 2012. Jika melewati jangka waktu tersebut, WP akan dikenai denda satu juta rupiah.

 

Direktur Penyuluhan, Pelayanan dan Hubungan Masyarakat (P2Humas) DJP, Dedi Rudaedi, mengingatkan kembali bahwa DJP akan membuka dan memperpanjang jam kerja pada kantor pelayanan pajak (KPP) dan Kantor Pelayanan, Penyuluhan dan Konsultasi Pajak (KP2KP) di seluruh Indonesia. KPP dan KP2KP akan buka pada hari Sabtu 28 April 2012 mulai pukul 08.00 hingga 12.00 waktu setempat. Kemudian pada hari Senin, 30 April 2012, KPP dan KP2KP akan buka mulai pukul 07.30 hingga 19.00 waktu setempat.

 

Selain perpanjangan jam kerja kantor, DJP juga menyediakan pelayanan penerimaan SPT melalui Dropbox di 178 titik lokasi, mobil pajak keliling di 22 lokasi, dan pojok pajak di beberapa tempat. Khusus untuk SPT Lebih Bayar, SPT Pembetulan dan SPT Tahunan untuk tahun pajak sebelum-sebelumnya tidak dapat disampaikan melalui Dropbox tetapi harus mendatangi KPP setempat, atau melalui pos dengan pengiriman surat, atau melalui perusahaan jasa ekspedisi atau jasa kurir dengan bukti pengiriman surat sebelum batas jatuh tempo penyampaian SPT Tahunan Badan.

 

Kami harap dengan penambahan jam kerja tersebut dapat meningkatkan pelayanan kepada WP dalam melaksanakan kewajiban perpajakannya yaitu menyampaikan SPT Tahunan PPh Badan secara tepat waktu, ujar Dedi.

By ky1945

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s