Kanwil DJP Bali Siap Kejar Penerimaan Pajak Rp. 5,33 Triliun

Narasumber : http://www.pajak.go.id

Jumat, 2 Maret, 2012 – 11:00
Zulfikar Thahar memberikan Keterangan Pers

” Untuk tahun Pajak 2012, Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Bali ditargetkan penerimaan pajak sebesar Rp. 5,33 triliun. Target tersebut naik sekitar 1,26 triliun atau 34% dari target penerimaan pajak tahun 2011 lalu. Kenaikan itu ditambahan dari target 2011 sebesar Rp 4,07 triliun,” terang Kepala Kanwil DJP Bali Zulfikar Thahar di sela-sela acara Pembukaan Pekan Panutan Penyampaian SPT Tahunan Pajak Penghasilan (PPh) Orang Pribadi (OP) Tahun Pajak 2011, Kamis, 23 Februari 2012, di Gedung Keuangan Negara II, Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Denpasar Timur.

Zulfikar menambahkan bahwa target itu seiring dengan target nasional untuk memenuhi target Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). “Pajak secara nasional dituntut mencapai pemasukan sebesar 1,032,57 triliun atau memenuhi 78,74% dari rencana penerimaan negara 2012 sebanyak Rp1.311,38 triliun,” papar Zulfikar.

Mantan Kepala Kanwil DJP Sumatera Utara II ini menandaskan bahwa Kanwil DJP Bali optimis mencapai target penerimaan pajak 2012 di wilayah Bali sebesar Rp. 5,33 triliun dengan meningkatkan tingkat kepatuhan Wajib Pajak (WP). “Untuk memenuhi target pengelolaan pajak di Bali, akan ditingkatkan upaya meningkatnya tingkat kepatuhan WP yang sudah berada di atas rata-rata nasional pada 2011. Untuk angka nasional, DJP menetapkan kepatuhan sebanyak 62,5% sedangkan di Bali sudah mencapai 63,71%,” jelas Zulfikar.

Tahun lalu, Kanwil DJP Bali membukukan realisasi penerimaan pajak sebesar Rp. 4,089 triliun. Realisasi penerimaan pajak di Bali pada 2011 itu mencapai 100,48% dari target awal sebesar Rp. 4,07 triliun. Secara terperinci, realisasi penerimaan pajak Kanwil DJP Bali pada tahun 2011 terdiri dari penerimaan PPh sebesar Rp. 2,604 triliun, Pajak Pertambahan Nilai (PPN) sebesar Rp. 1,074 triliun, Pajak Bumi Bangunan (PBB) sekitar Rp. 0,343 triliun dan pajak lainnya (PL) sebesar Rp. 0,067 triliun. Atas capaian itu, Kanwil DJP Bali memperoleh peringkat ke-9 dari total pencapaian penghimpunan pajak secara nasional.

Zulfikar mengungkapkan bahwa keberhasilan tersebut tercapai antara lain melalui program Sensus Pajak Nasional yang tidak mendata seluruh WP per blok, tapi diprioritaskan untuk mendata WP yang dinilai sangat potensial dalam membayar pajak dalam jumlah yang signifikan. Untuk wilayah Bali, WP yang sangat potensial tersebut adalah perusahaan-perusahaan yang memperkerjakan paling sedikitnya 50 orang pegawai. Sektor-Sektor yang menyumbangkan paling banyak penerimaan pajak di Bali adalah sektor industri pariwisata dan sektor-sektor pendukung pariwisata, seperti sektor kargo, transportasi dan catering. Selain itu, secara rutin Bidang Penyuluhan, Perpajakan dan Hubungan Masyarakat (P2Humas) Kanwil DJP Bali mengisi rubrik tanya jawab perpajakan di berbagai media massa cetak maupun program dialog interaktif di radio dan televisi. Untuk program dialog interaktif di stasiun-stasiun radio maupun televisi lokal, Kanwil DJP Bali tidak hanya diwakilkan oleh Kakanwil DJP Bali sendiri, tapi dipercayakan pula kepada Kepala Bidang (Kabid) P2Humas DJP Bali, Rosmauli, atau Kepala Seksi Humas DJP Bali, I Made Ngetis, untuk melayani pertanyaan-pertanyaan seputar teknis perpajakan oleh warga masyarakat Bali dan sekitarnya.

Selain itu, selama tahun 2011 Kanwil DJP Bali terus meningkatkan pelayanan dan penyuluhan kepada masyarakat luas, serta kerjasama sosialisasi perpajakan dengan aparat pemerintah daerah dan kepolisian daerah. “Ke depan Kanwil DJP Bali akan lebih memfokuskan pada upaya perbaikan administrasi dan pengawasan. Selain itu, penegakan hukum di bidang perpajakan dan penyempurnaan sistem piutang pajak secara online,” tutur Zulfikar.

By ky1945

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s