Wajib Pajak Merasa Semakin Puas dengan Pelayanan Pajak

Selasa, 10 Januari, 2012 – 11:16

Beberapa kalangan profesional menilai bahwa pelayanan pajak semakin membaik dari waktu ke waktu, hal ini tercermin dari hasil wawancara maupun korespondensi dengan  kalangan profesional terkait pelayanan pajak. Para pihak menilai, administrasi perpajakan semakin mudah, pelayanan konsultasi perpajakan semakin baik, pemeriksaan lebih fair, serta banyak fasilitas perpajakan yang dapat mempermudah masyarakat untuk memenuhi kewajiban perpajakannya. Bentuk pelayanan yang dianggap paling menonjol adalah tidak adanya pungutan apapun pada saat pelayanan pajak tersebut dilakukan, baik di kantor-kantor pelayanan pajak, kantor-kantor wilayah, maupun di kantor pusat Direktorat Jenderal Pajak (DJP).

Menurut Dirut Lembaga Pelayanan Publik Radio Republik Indoensia, Rosarita Niken Widiastuti, pelayanan DJP sudah mulai meningkat dan lebih baik. Dimana banyak hal dalam pelayanan pajak meningkat, baik dalam urusan administrasi, pelaporan e-SPT, konsultasi, pemeriksaan. Niken juga menambahkan bahwa untuk urusan administrasi Wajib Pajak (WP) sudah tidak kesulitan lagi dalam melaporkan SPT. WP bisa secara langsung melaporkan e-SPT kepada petugas pajak tanpa ada pungutan biaya apapun. Untuk pelaporan e-SPT, DJP sudah menciptakan berbagai aplikasi pajak agar WP tidak mengalami kesulitan dalam pembuatan SPT Masa dan Tahunan. Dimana aplikasi-aplikasi itu juga banyak mengalami perubahan-perubahan yang semakin mempermudah untuk membuat laporan SPT Masa dan Tahunan.

Untuk konsultasi para Account Representative (AR) juga lebih terbuka dalam memberikan informasi-informasi dan hal-hal terbaru mengenai pajak. Dan para AR juga membantu dengan baik bila WP mengalami kesulitan dalam perhitungan pajak, dalam arti memberikan informasi hal-hal yang dapat diperhitungkan dalam pajak. Seperti : apa yang menjadi subyek dan obyek pajak. Sedangkan untuk pemeriksaan, para petugas pajak memeriksa sesuai dengan prosedur yang berlaku dan tidak menyulitkan kedua belah pihak, demikian diungkapkan oleh Niken Widiastuti dalam wawancara ekslusif kepada Peliputan Berita DJP.

Di tempat terpisah, Mantan Dubes RI untuk Belgia, Sulaiman Abdul Manan menilai bahwa pelayanan di kantor pajak kini lebih cepat dan lebih baik dibanding beberapa tahun lalu. Sedangkan Dirut Adam Malik Center, Antarini Malik menilai bahwa selama ini pelayanan pajak sudah cukup baik, misalnya petugas DJP memberikan pengarahan teknis yang jelas mengenai pengurangan pembayaran PBB setiap tahunnya. Dalam wawancara terpisah, mantan wartawan, penulis, sosialita dan pemerhati Kota Bogor, Dewi Pandji Atmasudirja kepada Redaktur Pemberitaan DJP, Wiyoso Hadi dan Peliput Berita DJP Meidina, mengungkapkan bahwa Pelayanan DJP kepada masyarakat masuk dalam peringkat “baik”. Terbukti pelayanan di kantor-kantor pajak diarahkan kepada kemudahan bagi WP, bahkan tidak segan menuntun WP dalam pengisian formulir pajak dll.

Sedangkan Presiden Direktur Dompet Dhuafa, Ismail Agoes Said menilai bahwa sudah cukup banyak terobosan dalam pelayanan kepada masyarakat sehingga masyarakat mudah dalam melakukan pembayaran dan pelaporan pajaknya termasuk pengaduan pajak. Kalau dulu dalam melakukan pelaporan pajak, masyarakat harus datang ke kantor pajak, sekarang sudah bisa dikirimkan melalui pos dan atau dimasukkan pada drop box menjelang batas waktu pelaporan pajak berakhir. Pengaduan pajak bahkan bisa dilakukan melalui berbagai cara, misal via telepon, email, faksimili atau surat langsung diikuti tindak lanjut pengaduan yang juga sudah ditentukan tenggat waktunya, demikian ditambahkan oleh Ismail Agoes Said. Mantan Direksi Citibank ini mengharapkan agar dengan inovasi pelayanan yang terus dikembangkan tentu akan dapat terus meningkatkan atensi masyarakat untuk bisa membayar pajak.

By ky1945

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s