Menolak Pajak Transaksi

Narasumber: Harian Kontan, 9 Januari 2012

LONDON. Perdana Menteri Inggris David Cameron mengancam akan memveto pajak transaksi finansial Eropa, kecuali pajak ini diberlakukan secara global. Omongan ini akan memperdalam konfrontasi Cameron dengan para pemimpin negara-negara Uni Eropa seperti Prancis dan Jerman.

Cameron mengatakan, Prancis bebas mematok pajak transaksi finansial sendiri bila mau. Komentar ini muncul setelah Prancis dan Jerman mendorong pajak transaksi finansial bagi seluruh anggota Uni Eropa. Inggris menentang keras, khawatir pajak ini akan menghancurkan City of London, pusat finansial global yang sudah memiliki pajak tinggi. “Ide pajak baru Eropa ketika Anda tidak dikenai pajak serupa di tempat lain, saya pikir hal ini tidak masuk akal. Saya akan membloknya,”kata Cameron dalam wawancara dengan BBC, Minggu (8/1). Ia menambahkan, kalau seluruh dunia menyetujui hal yang sama, bisa jadi Inggris baru sepakat.

Pajak Uni Eropa ini harus mendapat persetujuan seluruh 27 negara anggota. Komisi Eropa mengadaptasi rencana pajak transaksi finansial ini September lalu. Dalam rencana ini, perdagangan saham dan obligasi akan terkena pajak sebesar 0,1%.

Wahyu Tri Rahmawati, Reuters

By ky1945

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s