Perketat Penagihan, Pajak Perkuat Kerjasama Tax Treaty

Narasumber: Harian Kontan, 3 Januari 2012

PEMERINTAH menjalani kerjasama dengan negara lain membuat aturan persetujuan penghindaran pajak berganda (P3B) atau tax treaty. Beleid ini bertujuan mengerek penerimaan pajak tahun ini, terutama terhadap wajib pajak asing yang punya utang pajak di Indonesia.
Ketentuan itu tertuang dalam Peraturan Direktur Jendera Pajak Nomor PER-42/PJ/2011 tentang Tata Cara Pelaksanaan Bantuan Penagihan Pajak Berdasarkan Persetujuan Penghindaran Pajak Berganda (P3B), yang mulai berlaku sejak 28 Desember 2011.
Dalam Beleid baru itu, utang pajak yang dimaksud adalah utang yang sesuai ketetapan pajak, surat tagihan pajak, surat keputusan pembetulan, surat keputusan keberatan atau putusan banding, atau putusan peninjauan kembali. Terutama yang menyebabkan jumlah pajak yang masih harus dibayar bertambah. “Jadi kalau ada pengemplang pajak yang tidak berada di Indonesia, kita bisa minta tolong competent authority negara tersebut untuk menagihnya,” ujar Direktur Penyuluhan Pelayanan dan Humas Ditjen Pajak Kementerian Keuangan Dedi Rudaedi kepada KONTAN, Senin (2/1) di Jakarta.
Saat ini, Indonesia telah meneken tax treaty dengan lebih dari 50 negara. Perjanjian tersebut bersifat resiprokal. Jadi misalnya, ada pengusaha punya perusahaan di Belanda, namun dia punya utang pajak di Indonesia. “Nah, competent authority di Belanda bisa menagihkan untuk kita, begitu juga sebaliknya,” kata Dedi.

Menurut pengamat perpajakan dari Universitas Indonesia Dany Septriadi, Indonesia sudah memiliki tax treaty dalam bantuan penagihan pajak dengan seperti Belgia, Mesir, Yordania, Filipina, Amerika Serikat, Venezuela, Vietnam, dan Aljazair. “Yang paling lengkap bantuan penagihan pajaknya adalah Aljazair,” katanya. Dengan Aljazair, Indonesia bisa menagih seluruh jenis pajak. Sedangkan dengan negara lain, yang bisa ditagih hanya pajak yang dibebaskan atau tarif pajak yang lebih rendah.

By ky1945

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s